Permasalahan dominan dalam pengelolaan irigasi

Saya sebenarnya belum berani untuk mem-posting hasil penelitian saya ke dalam blog. Namun sudah beberapa hari rasanya mau tarik ulur untuk menampilkan sedikit hasil penelitian saya. Lah gak apalah, siapa tahu temen-temen semua bisa memberikan masukan tulisan ini.
Berawal dari tantangan dosen untuk membuktikan bahwa permasalahan penggunaan air irigasi dalam kaitannya dengan efisiensi air irigasi. Ide tersebut menilai pandangan efisiensi air irigasi di tinjau dari empat sudut pandang antara lain segi teknis, sosial, ekonomi dan lingkungan. Dari keempat sudut pandang tersebut kami menjabarkan ke dalam komponen-komponen yang bagi kami sangat berpengaruh dalam efisiensi air irigasi. Tujuan kami ingin mengetahui sudut pandang mana, yang dominan mempengaruhi efisiensi air irigasi. Metode yang kami gunakan quisioner kepada petani dan birokrasi yang kompeten. Dalam arti yang berkecimpung, expert dalam pengelolaan air irigasi seperti P3A, Gapoktan, Poktan, Perangkat desa dll. Birokrasi seperti Dinas Pertanian, Dinas SDA, dll.
Hasilnya menunjukan bahwa faktor yang dominan mempengaruhi efisiensi air irigasi adalah sebagai berikut: dari yang paling besar pengaruhnya Faktor Sosial, Faktor Teknis, Faktor Ekonomi dan Faktor Lingkungan (saya urutkan dari yang besar sampai yang terkecil).
Ternyata diketahui bahwa faktor sosial selama ini sangat berpengaruh besar dalam mempengaruhi efisiensi air irigasi. Contoh Faktor sosial seperti : Perilaku petani dalam memandang air yang masih bersifat sosial (bebas), Perilaku petani dalam mengelola sarana dan prasarana irigasi masih minim (rasa memiliki sangatlah kurang), SDM petani kita sangatlah rendah, sebagian besar petani kita kurang kerjasama dalam pengelolaan irigasi sangatlah kurang sangatlah beda dengan petani di Jepang yang menjunjung kerjasama antar petani. masih banyak lagi untuk kita telusuri kelemahan kita....
Dari hasil diatas hal yang perlu kita sadari adalah sebagai seorang engineer selain kita dituntut untuk bisa merencanakan bangunan irigasi baik secara teknis. Kita juga dituntut untuk bisa mengadakan pendekatan secara social engineering...karena inilah yang paling banyak menimbulkan permasalah di petani kita.

Sebenarnya maunya banyak mau saya jabarkan, tapi pengen nunggu kepada temen2 yang bisa memberikan masukan kepada saya. atas hasil penelitian ane ya...

Dokumentasi hasil survei saluran irigasi di Waduk Wadaslintang...



0 komentar:

Post a Comment